Merayakan 19 Tahun Pekerjaan Tuhan dalam Pelayanan Pesta

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA

Ditulis oleh: Lena L.

Kelas SYK

Sebagai orang Kristen, mungkin kita pernah bertanya, "Apa yang dapat kita lakukan melalui dunia maya untuk melayani Tuhan?" Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) sebagai yayasan Kristen interdenominasi, nonprofit, dan nonkomersial, menjawab panggilan Tuhan untuk melayani-Nya melalui bidang ini. Pelayanan YLSA berfokus pada penyediaan Alkitab, bahan-bahan kekristenan, dan alat-alat untuk melakukan studi Alkitab, dengan didukung komputer dan internet. Melalui pelayanan PESTA, salah satu divisi pelayanan di YLSA, kami berharap dapat memuridkan jemaat Kristen awam dengan pendidikan teologi yang setia pada Alkitab. Sejak 1999, Tuhan memanggil YLSA untuk menjadi rekan sekerja-Nya untuk mewujudkan pendidikan teologi untuk orang awam secara daring. Dengan memperlengkapi orang Kristen awam dengan pendidikan teologi, PESTA dapat menolong mereka untuk mengerti panggilan hidupnya sebagai orang Kristen dalam bidang-bidang kehidupan mereka saat ini. Puji Tuhan, pada bulan ini, kami merayakan pekerjaan Tuhan dalam pelayanan PESTA selama 19 tahun.

Jika melihat perjalanan pelayanan PESTA, tentu ada banyak hambatan di sana-sini. Namun, tangan Tuhan tidak pernah melepaskan kami untuk berjalan sendirian dalam melakukan pekerjaan-Nya ini. Kami melihat bahwa Tuhan bekerja, mulai dari penyelenggaraan pertama kelas PESTA pada tahun 1999 hingga sekarang. Melalui semua perjalanan pelayanan PESTA ini, kami percaya bahwa Tuhan akan terus membawa kami untuk menggenapi visi yang Allah tunjukkan bagi pelayanan PESTA, yaitu memberikan pendidikan teologi yang alkitabiah kepada masyarakat Kristen awam pada era digital ini. Tim PESTA berharap, Tuhan senantiasa memberi kepercayaan kepada kami untuk menolong dan memuridkan umat-Nya dengan pengajaran yang alkitabiah. Berdoa pula bagi staf PESTA dan semua moderator tamu agar semakin bertanggung jawab dalam menjalankan tugas masing-masing.

PROGRAM-PROGRAM PELAYANAN PESTA PADA TAHUN KE-19

Selain rutin melayani orang-orang Kristen awam dengan pendidikan teologi melalui kelas-kelas diskusi PESTA dan komunitas-komunitas yang ada, kami juga melakukan beberapa program kerja khusus pada tahun yang ke-19 ini. Harapan kami, melalui program-program ini, orang-orang Kristen dapat semakin diperlengkapi dengan firman Tuhan melalui berbagai jalur.

1. Pembuatan Modul-Modul Baru

Gambar: Modul PESTA

Sesuai dengan visi untuk memperlengkapi orang Kristen awam dengan pendidikan teologi, PESTA terus melakukan pengembangan, salah satunya dengan membuat modul-modul baru. Setelah hampir dua tahun tidak memiliki modul baru, pada tahun yang ke-19 ini, tim PESTA memutuskan untuk kembali membuat modul. Ada empat modul yang sedang disiapkan saat ini, yaitu: modul Apologetika Umum Awam (II), Studi Injil Markus (SIM), Pengantar Konseling Alkitabiah (PKA), dan Teologi Paulus. Dengan penambahan kelas-kelas baru ini, alternatif kelas PESTA juga akan semakin bertambah sehingga staf PESTA semakin diperlengkapi melalui setiap modul yang ada. Mohon dukungan doa untuk penyelesaian modul-modul baru ini.

2. Jalur Multimedia untuk Pelayanan Pesta

a. GIF

Gambar: GIF

Media semakin berkembang, baik itu audio, visual, maupun kombinasi keduanya. YLSA juga terus berusaha untuk selalu mengikuti perkembangan tersebut, salah satunya dengan membuat Graphics Interchange Format, atau yang lebih dikenal dengan GIF. GIF tidak kalah menarik dengan quote gambar karena dapat menampilkan gambar bergerak. Sejak 2017, YLSA sudah membuat gambar GIF, tetapi belum menyeluruh untuk semua publikasi. Begitu juga dengan PESTA, yang baru memulai pembuatan GIF pada tahun 2018 ini. Tim PESTA bekerja sama dengan tim Multimedia membuat GIF untuk dipasang di situs dan media sosial, seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Diharapkan dengan adanya GIF ini, pelayanan kami akan semakin luas menjangkau para pengguna media sosial untuk lebih mengenal hal-hal seputar pendidikan teologi.

b. Video Pelayanan dan Program PESTA

Gambar: Video

Salah satu program yang dikerjakan oleh tim PESTA adalah membuat video mengenai "Pelayanan dan Program PESTA". Program ini masih dalam proses pengerjaan oleh tim PESTA dengan dibantu tim Multimedia. Harapan kami, video ini akan mempermudah Anda untuk mengenal pelayanan dan program yang dikerjakan oleh PESTA. Mohon dukungan doa supaya proses pengerjaan video ini dapat berjalan dengan baik, dan tahun ini dapat dipublikasikan. Dukung terus pelayanan PESTA agar dapat memberikan yang terbaik dan memberkati banyak orang untuk kemuliaan nama Tuhan.

3. Diskusi di Grup Alumni Pesta

Gambar: FB Alumni PESTA

Aset terbesar PESTA adalah para alumni PESTA. Untuk mempererat tali asih antaralumni, PESTA telah menyediakan wadah komunitas melalui Facebook Grup PESTA Alumni sejak 2015. Pada Oktober 2018 ini, tim PESTA akan mengadakan diskusi untuk para alumni PESTA di grup ini dengan tema "Menjangkau Dunia bagi Kerajaan Allah". Kami berharap melalui diskusi ini, kita dapat saling berbagi berkat firman Tuhan dan pengalaman bersama Tuhan kepada sesama alumni PESTA.

Mohon dukungan doa dari Sahabat PESTA supaya program-program baru ini dapat terlaksana dengan baik dalam pimpinan Tuhan.

UCAPAN SELAMAT ULANG TAHUN PESTA

Pekerjaan Tuhan selalu menghasilkan sukacita bagi orang-orang yang terlibat di dalamnya. Dalam pelayanan PESTA, bukan hanya tim PESTA yang terlibat, tetapi juga alumni, bahkan staf YLSA lainnya. Berikut ini adalah ungkapan syukur atas pelayanan PESTA selama 19 tahun ini, baik dari alumni maupun staf YLSA. Kiranya kita terus termotivasi untuk belajar kebenaran firman Tuhan dan memanfaatkan kelas PESTA untuk semakin bertumbuh dalam Tuhan.

1. Bapak Hermon Rohani (Malaysia)


Hermon

Dalam rangka memperingati ulang tahun PESTA yang ke-19, saya ingin merakamkan jutaan terima kasih karena di sinilah permulaanku mempelajari firman Tuhan. Terima kasih kepada pemimpin PESTA, para moderator, dan semua yang terlibat dalam pelayanan PESTA. Semoga pada tahun-tahun mendatang, pelayanan akan lebih berkembang lagi, bukan saja di Indonesia, tetapi sampai ke negara-negara di sekitarnya.

2. Bapak Gilbert Hanson Saranggi (Malaysia)


Gilbert Hanson Saranggi

Pertama-tama, saya mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-19 kepada PESTA dan tim yang begitu baik dalam bekerja sama, serta yang dengan setia telah mencurahkan semua ide bagi pelayanan PESTA dalam pembangunan tubuh Kristus. Bagi saya, PESTA merupakan jawaban untuk orang yang ingin mengikuti sekolah Alkitab daring dengan tidak berbayar, atau free. Jika ingin mendukung, kami persilakan. Kesan saya, pelayanan PESTA selama 19 tahun ini sungguh luar biasa, dan sangat berdampak, bermakna, bermanfaat untuk semua orang.

3. Ibu Kristin Natalia (Batam)


Kristin Natalia

Selamat Ulang Tahun PESTA yang ke-19. Biarlah Tuhan mencurahkan segala yang terbaik untuk pelayanan PESTA. Selama saya mengikuti kelas diskusi ini, ada banyak hal yang saya dapatkan. Selain itu, pelajaran yang saya dapatkan dari diskusi juga saya sampaikan di tempat saya melayani. Harapan saya, pelayanan ini semakin luas jangkauannya dan banyak memberkati orang-orang. Terima kasih juga untuk semua staf PESTA dan moderator yang memfasilitasi diskusi ini dengan baik. Terus maju dan berkarya untuk pekerjaan Tuhan.

4. Ibu Feronica Se (Jakarta)


Feronica Se

Happy Birthday PESTA! 19 tahun PESTA berkarya dalam pelayanan digital, PESTA sudah menjadi berkat bagi kami semua. Sungguh sangat luar biasa perjuangan Ibu Yulia Oeniyati, dkk. bersama Yayasan Lembaga SABDA. Tetap semangat dalam Tuhan dan terus menjadi berkat, lebih, dan lebih lagi.

5. Ayub Arifin Tanjung (Staf PESTA, Tahun 2014-2017)

Ayub

"Sebagai alumni PESTA, saya bersyukur jika Tuhan terus memberkati pelayanan PESTA hingga detik Saudara membaca tulisan sederhana ini. Hari demi hari, hingga tahun demi tahun, ladang PESTA terus mengalami perkembangan. Saya tahu ada banyak rintangan yang menghalangi, tetapi saya juga tahu jika Tuhan memberkati pelayanan PESTA hingga hari ini.

Baca selengkapnya »

6. Santi Titik Lestari (Staf YLSA, Tim Penjangkauan)

Santi

Selamat ulang tahun ke-19 untuk pelayanan PESTA. Kiranya segala yang telah ditabur melalui setiap pelayanan PESTA dapat menghasilkan tuaian yang menyenangkan hati Tuhan. Dengan bertambahnya usia ini, kiranya pelayanan PESTA semakin maju, dan bagi tim PESTA, kiranya Tuhan senantiasa menambahkan hikmat dan kemampuan dalam melayani Dia. Terus bersemangat ya dalam mendidik banyak jiwa untuk mengenal Kristus dan kebenaran-Nya.